• Latest News

    Friday 17 April 2015

    PHOTOMATH, membantu? atau justru membodohkan?


    Merupakan suatu tantangan bahwa kita hidup pada zaman yang menuntut kita "melek" IT. Segala macam hal, mulai dari promosi hingga memberikan tugas kepada siswa, semua tidak luput dari peran IT. Sudah banyak pula software-software yang dapat membantu pekerjaan manusia.

    Sebuah software "PHOTOMATH" yaitu software yang dapat menyelesaikan soal matematika hanya dengan memotret soal saja, dan... simsalabim, jawaban plus caranya sudah tersedia.
    Software yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna IPhone dan WindowsPhone ini, tentu saja menjadi pro kontra pada masyarakat, yang umumnya pilihan "pro" banyak diteriakkan oleh siswa, sedangkan pilihan "kontra" banyak diteriakkan oleh guru-gurunya. Siswa menganggap software ini dapat membantu mereka untuk mengerjakan tugas maupun PR matematika dari gurunya. Sedangkan guru, (kemungkinan besar) akan banyak yang menganggap bahwa software ini adalah sofware "pembodohan" untuk siswa. Bagaimana tidak? Hanya dengan memotret soal, beres. Siswa tidak perlu repot lagi memikirkan bagaimana cara menyelesaikan soal, tinggal disalin di bukunya, dan PR pun selesai.

    Sebagai pengajar matematika, tentu lebih mengarah pada kontra. Namun, tidak ada hal di dunia ini yang hanya memiliki kekurangan saja, pasti terdapat kelebihan dibaliknya. Dari awal, software memang dirancang untuk membantu pekerjaan manusia. Tugas manusia selanjutnya adalah bagaimana bersikap bijak dalam menggunakan segala software yang telah tersedia.
    Software photomath ini misalnya, dapat digunakan sebagai media untuk mengoreksi jawaban yang telah kita kerjakan sendiri awalnya. Dengan begitu, photomath ini tidak menjadi "kambing hitam" bagi manusia :)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: PHOTOMATH, membantu? atau justru membodohkan? Rating: 5 Reviewed By: mathism
    Scroll to Top