• Latest News

    Saturday 28 February 2015

    Guilford



    Guilford adalah salah satu psikolog Amerika yang memiliki nama lengkap Joy Paulus Guilford, yang dikenal sebagai J.P. Guilford. Beliau lahir pada 7 maret 1897 di Marquette, Nebraska dan meninggal pada 26 November 1987 di Los Angeles, California.


    Dia dikenal baik dengan studinya tentang kecerdasan dan kreativitas manusia. Guilford mulai tertarik terhadap perbedaan individu sejak masa kanak-kanaknya, yaitu ketika ia mengamati perbedaan kemampuan antar anggota keluarganya sendiri. Sepanjang karirnya Guilford tertarik pada perbedaan individu dalam masyarakat.
     Riwayat Pendidikan J. P. Guilford
     Pendidikan yang pernah ditempuh oleh Guilford, diantaranya:
    a.         Aurora High School (lulus pada tahun 1914)
    b.         University of Nebraska, B.A., M.A. (1917-1918, 1919-1924)
    c.         Cornell University, Ph.D. (1924-1927)

     Karir J. P. Guilford
    1.        Guru Kelas 1 sampai 8 di luar Phillips, Nebraska (1915-1916)
    2.        Guru Kelas 5 sampai 8 Phillips, Nebraska (1916-1917)
    3.        US Army Swasta (1918-1919)
    4.        Guru Kelas 7 dan 8 Hooper, Nebraska (Spring 1919)
    5.        Acting Superintendent of Schools (Summer 1919)
    6.        Sementara Direktur Unversita Nebraska Klinik Psikologi (1919-1921)
    7.        Asisten Profesor di University of Kansas (1927-1928)
    8.        Associate Professor di University of Nebraska (1928-1932)
    9.        Professor di University of Nebraska (1932-1940)
    10.  Direktur Biro Penelitian Instructional (1938-1940)
    11.  Tahun 1919-1921 Guilford bekerja sementara sebagai Direktur di Klinik Psikologi Universitas Nebraska
    12.  Guru di University of Southern California (Summer 1938, 1939)
    13.  Tahun 1938 Guilford menjadi presiden ke-3 dari Masyarakat Psikometri
    14.  Tahun 1941 ia memasuki US Army sebagai Letnan Kolonel dan menjabat sebagai Direktur Unit Penelitian Psikologi No 3 di Pangkalan Udara Santa Ana Army Air Base
    15.  Profesor di University of South California (1940-1967)
    16.  Direktur Riset Psikologis Unit no. 3 Santa Ana Army Air Base (1942-1946)
    17.  Presiden atau anggota berbagai organisasi dan masyarakat
    18.  Anggota dewan editorial untuk jurnal ilmiah seperti American Journal of Psychology dan Psikologis Review
    Sebagai seorang psikolog, kontribusi Guilford adalah:
    1)   Psikologi eksperimental termasuk perhatian dan persepsi visual, pembelajaran dan memori, dan eksperimental estetika
    2)   Psikologi statistik berkenaan dengan teori tes dan evaluasi, analisis faktor, psychophysics, dan skala
    3)   Kemampuan mental termasuk faktor pengetahuan yang didapat dari studi analitik dan model teoritis struktur intelek
    4)   Teori kepribadian dan pengukuran
    5)   Author/co-penulis lebih dari 25 buku, 30 tes, dan 300 artikel jurnal

    A.   Teori Guilford
    Teori Guilford membahas tentang struktur inteligensi atau kecerdasan yang mengarah pada suatu kekreativitasan seseorang. Kecerdasan yang dijelaskan oleh Guilford diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menjawab peristiwa masa lalu dan mengantisipasi apa yang terjadi pada waktu yang akan datang dengan keadaan yang terjadi pada saat ini. Dikarenakan setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi setiap masalah, maka diperlukan suatu perilaku inteligen dimana sikap ini ditandai dengan dimilikinya sikap kreatif, kritis, dinamis, dan memiliki motivasi.
    Pada tahun 1950 J.P Guilford mengemukakan tentang konsep berpikir. Guilford (dalam Solso, 2007: 449), membedakan konsep berpikir menjadi dua macam, yaitu berpikir konvergen dan berpikir divergen. Berpikir konvergen (Convergen Thinking), yaitu suatu cara berpikir yang mengarah pada satu kesimpulan khusus, sedangkan berpikir divergen (Divergen Thinking), yaitu suatu cara berpikir yang lebih menekankan pada variasi jawaban yang berbeda terhadap suatu pertanyaan.
    Selain menjelaskan tentang kecerdasan seseorang, Guilford juga membahas mengenai kekreativitasan seseorang. Kekreativitasan didefinisikan sebagai suatu proses berpikir yang bersifat divergen, yaitu kemampuan untuk memberikan berbagai alternatif jawaban berdasarkan informasi yang diberikan. Guilford juga mengemukakan ciri-ciri dari kreativitas, diantaranya:
    a.       Kelancaran berpikir (fluency of thinking), yaitu kemampuan untuk menghasilkan banyak ide yang keluar dari pemikiran seseorang secara cepat. Dalam kelancaran berpikir, yang ditekankan adalah kuantitas, dan bukan kualitas.
    b.      Keluwesan berpikir (flexibility), yaitu kemampuan untuk memproduksi sejumlah ide, jawaban-jawaban atau pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi, dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda, mencari alternatif atau arah yang berbeda-beda, serta mampu menggunakan bermacam-macam pendekatan atau cara pemikiran. Orang yang kreatif adalah orang yang luwes dalam berpikir. Mereka dengan mudah dapat meninggalkan cara berpikir lama dan menggantikannya dengan cara berpikir yang baru.
    c.       Elaborasi (elaboration), yaitu kemampuan dalam mengembangkan gagasan dan menambahkan atau memperinci detail-detail dari suatu objek, gagasan atau situasi sehingga menjadi lebih menarik.
    d.      Originalitas (originality), yaitu kemampuan untuk mencetuskan gagasan unik atau kemampuan untuk mencetuskan gagasan asli.

    Teori Guilford (dalam Masbied: 2011), mengungkapkan bahwa inteligensi dapat dilihat dari tiga kategori dasar yang dikenal dengan teori struktur intelektual. Menurut teori SOI (Structure Of Intellect) ini, inteligensi didefinisikan sebagai suatu kumpulan yang sistematik mengenai kemampuan atau fungsi intelektual untuk memproses informasi yang beraneka macam dalam berbagai bentuk. Istilah kemampuan ini digunakan dalam konteks perbedaan individu dan fungsi bagi perilaku individu.
    Teori SOI ini diilustrasikan oleh Guilford dalam bentuk sebuah kubus dengan tiga kategori dasar atau dimensi, yaitu isi informasi (content), hasil informasi (product), dan aktivitas mental atau pikiran (operations). Tiap dimensi mewakili faktor-faktor intelektual yang bersesuaian satu sama lain.

     

    Bentuk visual model struktur intelektual

    Selengkapnya dapat didownload pada link berikut:
    Guilford (download word)
    Guilford (download pptx)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Guilford Rating: 5 Reviewed By: mathism
    Scroll to Top