Teori
Gagne dicetuskan oleh Robert Mills Gagne. Robert Mills Gagne lahir pada tanggal
21 Agutus 1916 di Andover Utara, Massachusetts. Gagne wafat pada tanggal 28 April
2002. Ia mendapatkan gelar A.B dari Universitas Yalepada tahun 1937 dan gelar
Ph.D dari Universitas Brown pada tahun 1940. Gagne adalah seorang Professor
dalam bidang psikologi dan psikologi pendidikan di Connecticut College khusus
wanita (1940-1949), Universitas Negara bagian Pensylvania (1945-1946, dan di
Departemen penelitian pendididkan di Universitas Negara bagian Florida di
Tallahasse mulai tahun 1969. Gagne juga menjabat sebagai Direktur Riset untuk
angkatan udara (1949-1958) di Lackland, Texas dan Lowry, Colorado. Ia juda
pernah bekerja sebagai konsultan dari departemen pertahanan (1958-1961) dan
untuk dinas pendidikan Amerika Serikat (1964-1966) ,dan sebagai Direktur Riset
pada Institut penelitian Amerika di Pittsburgh (1962-1965).
Hasil
kerja Gagne memiliki pengaruh besar pada pendidikan Amerika dan pada pelatihan
militer dan industri. Gagne dan L. J. Briggs ada diantara pengembangan awal
dari teori desain sistem instruksional yang menunjukkan bahwa semua komponen
dari pelajaran atau periode instruksi dapat dianalisis dan semua komponen dapat
dirancang untuk beroperasi bersama-sama sebagai suatu rencana untuk pengajaran.
Dalam suatu artikel signifikan berjudul “Teknologi Pendidikan dan Proses
Pembelajaran” (peneliti pendidikan, 1974), Gagne mendefinisikan instruksi
sebagai “serangkaian kegiatan yang direncanakan untuk kegiatan eksternal yang
mempengaruhi proses pembelajaran dan itu mempromosikan pendidikan”.
Gagne
juga dikenal untuk teori stimulus-responnya yang mutakhir dari delapan jenis
pembelajaran yang dibedakan dalam hal kualitas dan kuantitas dari respon
stimulus yang mempunyai keterkaitan. Dari yang paling mudah hingga yang paling
sulit atau komplek, yaitu: Signal learning (PavlovianConditioning) Stimulus
Response Learning (operant Conditioning) Chaining (Complex Operant
Conditioning)Verbal association, Discrimination Learning, Concept Learning,
Rule Learning, Problem Solving. Gagne berpendapat bahwa banyak keterampilan
bisa dianalisis dalam suatu perilaku hierarki yang disebut pembelajaran
hierarki. Gagne menguji Teori Pembelajaran Hierarki menggunakan keterampilan
aritmatika sederhana. Temuannya cenderung mendukung gagasan hierarki
pembelajaran dan menunjukkan bahwa individu jarang mempelajari keterampilan
yang lebih tanpa sebelumnya tahu keahlian atau keterampilan yang lebih rendah.
26 pendekatan Gagne pada pembelajaran dan pengajaran, terutama pada pendekatan
desain sistem pengajaran, yang kadang-kadang dikritik sebagai yang paling
pantas untuk kemahiran belajar informasi dan objek keterampilan intelektual, hasilnya
tidak diragukan lagi untuk sikap dan strategi kognitif.
Hasil
kerja Gagne mempunyai dampak yang cukup besar pada teori dan pemikirannya di
kalangan pendidikan. Teori hierarkinya tentang langkah-langkah prasyaratan
dalam pembelajaran mempunyai banyak implikasi untuk peruntunan instruksi dan ia
merasa banyak memberikan kontribusi untuk pengembangan pendekatan ilmu
pengetahuan pada pengajaran. Di bidang bahasa Inggris, ia diijinkan guru bahasa
Inggris untuk menjabarkan keterampilan bahasa Inggris ke dalam komponen yang
lebih sederhana dan untuk mengajarkan komponen ini ke dalam suatu urutan,
memperkuat tanggapan yang benar dalam sepanjang perjalanan. Gagne berfokus pada
intruksi sistematis yang tepat yang juga membantu meletakkan dasar untuk
pengajaran individual dan sekolah akuntansi di kalangan masyarakat Amerika.
DASAR TEORI GAGNE
Menurut
Gagne (dalam Dahar, 1988), belajar merupakan proses yang memungkinkan manusia
mengubah tingkah laku secara permanen, sedemikian sehingga perubahan yang sama
tidak akan terjadi pada keadaan yang baru. Gagne mengemukakan bahwa belajar adalah
perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia yang terjadi setelah belajar
secara terus-menerus, bukan hanya disebabkan oleh pertumbuhan saja. Belajar
terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatannya
mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya berubah dari sebelum
ia mengalami situasi dengan
setelah
mengalami situasi tadi. Belajar dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan faktor
dari luar siswa di mana keduanya saling berinteraksi.
Komponen-komponen dalam
proses belajar menurut Gagne dapat digambarkan sebagai S-R. S adalah situasi
yang memberi stimulus, R adalah respons atas stimulus itu, dan
garis di antaranya adalah hubungan di antara stimulus dan respon yang terjadi
dalam diri seseorang yang tidak dapat kita amati, yang bertalian dengan sistem
alat saraf di mana terjadi transformasi perangsang yang diterima melalui alat
indra. Stimulus ini merupakan input yang berada di luar individu dan
respon adalah outputnya, yang juga berada di luar individu sebagai hasil
belajar yang dapat diamati. Berdasarkan pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa
belajar merupakan perubahan tingkah laku manusia setelah melalui proses.
Perubahan tingkah laku terjadi karena suatu pengalaman dan bukan karena
pertumbuhan atau kematangan. Dengan demikian belajar terjadi bila seseorang
memberikan respon terhadap stimulus yang datang dari luar dirinya. Hal ini
berarti bahwa perubahan tingkah laku seseorang sebagai hasil belajar hanya
terjadi apabila orang tersebut mengadakan interaksi dengan lingkungannya.
Selengkapnya dapat di download melalui link di bawah ini:
Gagne (download word)
Gagne (download pptx)
0 komentar:
Post a Comment