Dr. Zoltan Paul Dienes lulus dari University of London pada tahun 1939 dengan tesisnya tentang
"Dasar Matematika Konstruktivis Menurut Borel dan Brouwer”. Dr. Zoltan Paul Dienes
terinspirasi dari Jean Piaget dan Jerome
Bruner sebagai tokoh legendaris yang teori-teori pembelajarannya telah meninggalkan kesan abadi pada bidang pendidikan
matematika. Dienes menciptakan Multi Base Block (juga dikenal sebagai blok Dienes) untuk pengajaran
nilai tempat. Ia juga adalah penemu materi aljabar dan blok logika. Teori Dienes terkenal unik dalam bidang pendidikan matematika karena teori-teorinya
tentang bagaimana struktur matematika dapat diajarkan dengan menggunakan
beberapa penyajian melalui manipulasi
permainan.
Berikut karier Dr. Zoltan Paul Dienes :
Ø Dienes memiliki pengalaman mengajar
di Highgate School , Dartington Hall School dan Universitas Southampton, Sheffield,
Manchester dan Leicester.
Ø Pada tahun 1960-1961, ia menjadi
peneliti di Pusat Studi Kognitif di Harvard University.
Ø Pada tahun 1961-64, ia dinobatkan
menjadi profesor di Universitas Psikologi di Adelaide ( Australia).
Ø Pada tahun 1964-1975, ia diangkat
sebagai direktur dari Pusat Penelitian Psychomathematics di Sherbrooke Quebec.
Ø Pada tahun 1975-78, ia bekerja untuk pendidikan pribumi
sebagai Profesor di Universitas Brandon.
Ø Pada
tahun 1978-1980, ia bertindak sebagai konsultan matematika di beberapa negara
(Italia, Jerman, Hungaria, New Guinea, Amerika Serikat) dan untuk organisasi
OEEC dan UNESCO.
Ø Pada
tahun1964, ia juga mendirikan Kelompok Studi Internasional untuk Belajar
Matematika (ISGML).
Ø Pada
1980-an dan pada awal 1990-an di samping bekerja di Italia, Spanyol, Amerika Serikat,
Hawai Yunani dan Hungaria ia kembali ke Kanada dan kemudian ia bekerja dengan
Acadia University di Wolfville, Nova Scotia, sebagai Research Associate oleh
Departemen Psikologi.
Ø Ia mengajar di Departemen Pendidikan di Acadia University
Dienes
tertarik dengan masalah, mengapa matematika dianggap sulit oleh kebanyakan orang, Dienes juga
bertanya-tanya apakah anggapan itu ada hubungannya dengan kesulitan yang dialami anak-anak dalam memahami matematika. Oleh karena itu Z.P
Dienes terdorong untuk menerbitkan beberapa buku dan banyak
artikel dalam berbagai bahasa di bidang mengajar matematika, psikologi, dan
pedagogi dan dibuat juga film tentang metode-nya. Berikut merupakan karya-
karya Dr. Zoltan Paul Dienes:
Ø Artikel Pembentukan Konsep Matematika pada Anak Melalui Pengalaman tahun 1959 di London, Inggris.
Ø Buku Berpikir dalam Struktur tahun 1965.
Ø Buku Membangun
Matematika, Hutchinson & Co, London (diterbitkan dengan berbagai bahasa)
Ø Penemu “Multi-base
block”
Ø Penemu bahan Aljabar dan blok logika, dll
Ø Buku terakhirnya adalah kumpulan artikel yang ditulis
untuk Majalah Matematika Selandia Baru: "
A Concrete Approach to the Architecture of Mathematics "
A. Teori Dienes
Dienes merupakan salah
satu matematikawan yang memusatkan perhatiannya pada cara –cara pengajaran
suatu konsep matematika kepada peserta didik, dimana pengembangan dari teori
tersebut bertujuan untuk menemukan sistem pengajaran yang menarik minat dan
perhatian siswa. Dienes juga mengemukakan pendapatnya bahwa pada hakekatnya matematika merupakan studi
tentang struktur dan mengklasifikasikan hubungan diantara struktur–struktur
tersebut. Dienes berpendapat bahwa tiap-tiap
konsep dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami
dengan lebih baik. Terkait dengan hal tersebut, objek-objek dalam bentuk
permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pengajaran
matematika.
Dienes mengungkapkan
bahwa perkembangan pemahaman tentang suatu konsep matematika dapat dicapai
melalui pola berkelanjutan mulai dari rangkaian kegiatan belajar konkret hingga
simbolik. Dienes
berpendapat bahwa konsep-konsep matematika akan berhasil jika dipelajari dalam
tahap-tahap tertentu.
Selengkapnya, dowload di link:
Dienes word (download)
Dienes ppt (download)
0 komentar:
Post a Comment