• Latest News

    Wednesday 11 March 2015

    Dienes

    Dr. Zoltan Paul Dienes lahir di Budapest, Hongaria pada tahun 1916 dan pindah ke Inggris pada usia 16 tahun. Orang tuanya bernama Paul Dienes dan Valeria Geiger dan istrinya bernama Mina Joyce Cooke. Dia telah menyebarkan visi pembelajaran matematika melalui permainan ke beberapa negara seperti Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Australia, New Guinea, Amerika Serikat, Kanada, Chili, Brasil, Argentina dan bebeapa negara lainnya.
    Dr. Zoltan Paul Dienes lulus dari University of  London pada tahun 1939 dengan tesisnya tentang "Dasar Matematika Konstruktivis Menurut Borel dan Brouwer. Dr. Zoltan Paul Dienes terinspirasi dari Jean Piaget dan Jerome Bruner sebagai tokoh legendaris yang teori-teori pembelajarannya telah meninggalkan kesan abadi pada bidang pendidikan matematika. Dienes menciptakan Multi Base Block (juga dikenal sebagai blok Dienes) untuk pengajaran nilai tempat. Ia juga adalah penemu materi aljabar dan blok logika. Teori Dienes terkenal unik dalam bidang pendidikan matematika karena teori-teorinya tentang bagaimana struktur matematika dapat diajarkan dengan menggunakan beberapa penyajian melalui manipulasi permainan.
    Berikut karier Dr. Zoltan Paul Dienes :
    Ø  Dienes memiliki pengalaman mengajar di Highgate School , Dartington Hall School dan Universitas Southampton, Sheffield, Manchester dan Leicester.
    Ø  Pada tahun 1960-1961, ia menjadi peneliti di Pusat Studi Kognitif di Harvard University.
    Ø  Pada tahun 1961-64, ia dinobatkan menjadi profesor di Universitas Psikologi di Adelaide ( Australia).
    Ø  Pada tahun 1964-1975, ia diangkat sebagai direktur dari Pusat Penelitian Psychomathematics di Sherbrooke Quebec.
    Ø  Pada tahun  1975-78, ia bekerja untuk pendidikan pribumi sebagai Profesor di Universitas Brandon.
    Ø  Pada tahun 1978-1980, ia bertindak sebagai konsultan matematika di beberapa negara (Italia, Jerman, Hungaria, New Guinea, Amerika Serikat) dan untuk organisasi OEEC dan UNESCO.
    Ø  Pada tahun1964, ia juga mendirikan Kelompok Studi Internasional untuk Belajar Matematika (ISGML).
    Ø  Pada 1980-an dan pada awal 1990-an di samping bekerja di Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Hawai Yunani dan Hungaria ia kembali ke Kanada dan kemudian ia bekerja dengan Acadia University di Wolfville, Nova Scotia, sebagai Research Associate oleh Departemen Psikologi.
    Ø  Ia mengajar di Departemen Pendidikan di Acadia University
    Dienes tertarik dengan masalah, mengapa matematika dianggap sulit oleh kebanyakan orang, Dienes juga bertanya-tanya apakah anggapan itu ada hubungannya dengan kesulitan yang dialami anak-anak dalam memahami matematika. Oleh karena itu Z.P Dienes terdorong untuk menerbitkan beberapa buku dan banyak artikel dalam berbagai bahasa di bidang mengajar matematika, psikologi, dan pedagogi dan dibuat juga film tentang metode-nya. Berikut merupakan karya- karya Dr. Zoltan Paul Dienes:
    Ø  Artikel Pembentukan Konsep Matematika pada Anak Melalui Pengalaman tahun 1959 di London, Inggris.
    Ø  Buku Berpikir dalam Struktur tahun 1965.
    Ø  Buku Membangun Matematika, Hutchinson & Co, London (diterbitkan dengan berbagai bahasa)
    Ø  Penemu “Multi-base block
    Ø  Penemu bahan Aljabar dan blok logika, dll
    Ø  Buku terakhirnya adalah kumpulan artikel yang ditulis untuk Majalah Matematika Selandia Baru: " A Concrete Approach to the Architecture of Mathematics "

    A.   Teori Dienes

    Dienes merupakan salah satu matematikawan yang memusatkan perhatiannya pada cara –cara pengajaran suatu konsep matematika kepada peserta didik, dimana pengembangan dari teori tersebut bertujuan untuk menemukan sistem pengajaran yang menarik minat dan perhatian siswa. Dienes juga mengemukakan pendapatnya bahwa pada hakekatnya matematika merupakan studi tentang struktur dan mengklasifikasikan hubungan diantara struktur–struktur tersebut. Dienes berpendapat bahwa tiap-tiap konsep dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan lebih baik. Terkait dengan hal tersebut, objek-objek dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pengajaran matematika.

    Dienes mengungkapkan bahwa perkembangan pemahaman tentang suatu konsep matematika dapat dicapai melalui pola berkelanjutan mulai dari rangkaian kegiatan belajar konkret hingga simbolik. Dienes berpendapat bahwa konsep-konsep matematika akan berhasil jika dipelajari dalam tahap-tahap tertentu.

    Selengkapnya, dowload di link:
    Dienes word (download)
    Dienes ppt (download)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dienes Rating: 5 Reviewed By: mathism
    Scroll to Top